Layanan

  • Mengelola Perkuliahan dengan Metode MAL (Multi Access Learning)

    • Kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan perkuliahan dengan metode MAL adalah: unggah modul perkuliahan, pelaporan, pemantauan terhadap aktifitas dosen dan mahasiswa, forum, chatting, dan pengelolaan keluhan yang timbul baik dari mahasiswa maupun dosen pengampu mata kuliah. MAL di UMB sudah menjadi suatu kebutuhan bagi mahasiswa. Namun proses perkuliahan dengan metode ini masih perlu dukungan dari Program Studi dalam pemilihan mata kuliah dan juga terutama pemilihan dosen pengampu mata kuliah (yang melek teknologi) agar proses perkuliahan ini bisa berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Pengembangan mata kuliah MAL, memerlukan effort yang cukup besar dari Program Studi dan dosen dalam penyiapan konten mata kuliah. Unit PPBA akan memberikan dukungan teknis dan infrastruktur, tetapi konten tetap menjadi tanggung jawab dosen. Dimasa yang akan datang, perlu dikembangkan juga metode pengendalian dan penjaminan mutu agar penyampaian materi dengan MAL dapat meningkatkan kualitas perkuliahan serta pengetahuan mahasiswa.

  • Pengelolaan RaPem (Rancangan Pembelajaran)

    • Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa RaPem setiap mata kuliah dapat di entry ke SIM-Akademik. Dengan tersedianya RaPem dalam sistem informasi akan mempermudah dosen dalam penyiapan dan pelaksanaan perkuliahan serta untuk mempermudah proses pengendalian pelaksanaan perkuliahan bagi Ketua Program Studi.

  • Pengelolaan Bahan Ajar/ Modul Perkuliahan

    • Pengelolaan modul perkuliahan masih terbatas pada perkuliahan. Kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan modul perkuliahan adalah upload modul ke dalam SIM-Akademik sehingga ketersediaan modul bagi mahasiswa dapat dipastikan ada.

  • Pengembangan Bahan Ajar Konten Multimedia

    • Pengembangan bahan ajar konten multimedia dikembangkan untuk mendukung proses perkuliahan dengan metode MAL. Tujuan dari pengembangan konten multimedia adalah untuk mendukung perkuliahan dengan metode MAL (Multi Access Learning), memperjelas materi menggunakan gambar gerak (animasi dan video) serta suara agar proses belajar lebih menyenangkan.