MKCU

MATA KULIAH CIRI UNIVERSITAS (MKCU) 
UNIVERSITAS MERCU BUANA

Mata Kuliah Ciri Universitas wajib diberikan di perguruan tinggi bertujuan sebagai berikut :

Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa, serta agama.
Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan sosial yang timbul dalam masyarakat.
Memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner/ antar ilmu pengetahuan, sehingga memudahkan mereka berkomunikasi.
Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan tidak hanya menjadi tukang saja tetapi diharapkan mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu personal, akademis, dan professional.
Kemampuan personal/ kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan/ pancasila serta memiliki pandangan luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia.
Kemampuan Akedmik. Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.
Kemampuan Profesional. Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Tenaga ahli diharapkan memliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

 

Pelatihan dosen pembuatan bahan ajar multimedia
Pelatihan dosen untuk memahami bagaimana membuat multimedia sebagai bahan ajar yang diadakan sebelum perkuliahan mulai.
Pelatihan dosen e-learning
Pelatihan dosen untuk memahami bagaimana mengeajar  menggunakan metode e-learning yang diadakan sebelum perkuliahan mulai.

Kewarganegaraan

Kewarganegaraan bersama-sama dengan mata kuliah Agama dan Etik UMB merupakan kelompok mata kuliah pembentuk karakter dan akhlak individu yang diterapkan di Universitas Mercu Buana, untuk menghasilkan tenaga profesional yang beretika. Mata kuliah ini diberikan untuk memberikan dasar bagi pengembangan kemampuan intelektual mahasiswa agar dapat menjadi warganegara yang baik dan bertanggungjawab bagi kemampuan daya bangsa. Ruang lingkup materi perkuliahan meliputi : Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Negara dan Sistem Pemerintahan, Identitas Nasional, Demokrasi Indonesia, Hak dan Kewajiban Warganegara, Konstitusi dan Rule of Law, Hak Asasi Manusia, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Hubungan Agama dan Negara, Otonomi Daerah dalam Bingkai NKRI, Good Governance dan Globalisasi

Etik UMB

Mata kuliah ini berisi kemampuan teoretik dan praktikal dalam menggali dan memaksimalkan potensi diri, mampu mengidentifikasi karakter dan  kepribadian yang tangguh pada ranah individu dan sosial serta  mampu mengaplikasikannya agar dapat menjadi sumber daya manusia yang professional.

Pendidikan Agama

Pendidikan Moral atau Etika sangat diperlukan di Perguruan Tinggi saat ini. Kondisi Indonesia pada saat ini menunjukan adanya degradasi dalam moral dengan suburnya korupsi, kolusi dan nepotisme, meningkatnya kriminalitas dan menurunnya daya juang untuk sukses. Permasalahan moral tersebut, hanya dapat diatasi apabila pemahaman moral dan etika tidak sebatas sebagai ilmu tetapi juga diterapkan dan dijaga konsistensinya secara terus menerus.
Mata Kuliah ini akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan kehadiran Allah Swt pada setiap denyut kehidupan, sehingga harus selalu menjaga nilai-nilai akhlak pada setiap tindakan dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang sukses hidup dunia dan akhirat.

Bahasa Indonesia

Matakuliah Bahasa Indonesia merupakan kelompok Matakuliah Ciri Universitas (MKCU) selain mata kuliah Etik UMB, Kewarganegaraan, Agama, dan Kewirausahaan. Mata kuliah ini mengajarkan konsep dasar bahasa sebagai alat komunikasi secara umum, juga bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan dan budaya. Bahasa Indonesia  berperan sebagai sarana komunikasi untuk menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi, kemudian mengomunikasikannya kepada pihak lain. Apa pun bidang kerja yang akan ditekuni mahasiswa kelak, penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi mutlak diperlukan. Sebagai calon pemimpin, mahasiswa harus bisa mengambil simpati dan menggerakkan orang lain antara lain melalui media bahasa. Sebagai akademisi, mahasiswa harus bisa mengungkapkan ide, pikiran, dan pendapatnya baik secara lisan maupun tertulis secara lancar sesuai dengan norma dan kaidah akademik yang berlaku.

Bahasa Inggris I

Mata kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat membuat mereka mampu bersaing di dunia kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga menjadi prasyarat untuk mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris II

Bahasa Inggris II

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis, yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. Mata kuliah ini juga mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan tes TOEIC dan memperoleh nilai minimal 550.

Kewirausahaan I

Mata kuliah kewirausahaan 1 berfokus pada pambangkitan minat wirausaha dan berfikir sebagai seorang pengusaha serta siap menjadi pengusaha yang melakukan inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha serta menerapkan menerapkan konsep dasar manajemen dan fungsi manajemen dan menentukan kemungkinan pemodalan serta membuat pelaporan keuangan sekaligus menemukan ide usaha yang dituangkan dalam proposal usaha

Kewirausahaan II

Kuliah kewirausahaan 2 mempelajari tentang Mindset Entrepreneurship, melakukan Inovasi Produk dan  menemukan Ide Kreatif, menerapkan stategi Penemuan Ide Bisnis, menyusun Proposal PKM-Kewirausahaan, menerapkan Strategi Penciptaan product/ jasa, Pengembangan product pasar skala nasional meliputi Brand, Unique value, menemukan Strategi Delivery Product, Distribution channel serta memahami Regulasi dan Mekanisme Pendirian Perusahaan

Kewirausahaan III

Kuliah Kewirausahan 3 mempelajari tentang model pengembangan usaha, menyusun Organisasi dan Manajemen Usaha. Mengetahui Teknik dan Strategi Pemasaran Interanasional, Strategi Bersaing, Pengelolaan rencana Keuangan, strategi penentuan Produk Unggulan serta bagaimana mengembangkan Produk Standart Ekspor dan memahami Regulasi Ekspor Impor

Pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila adalah pendidikan untuk memberikan  pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa  mengenai ideologi Negara Indonesia  melalui esensi materi pendidikan Pancasila yang meliputi: Pancasila dalam kajian sejarah perjuangan bangsa, Pancasila sebagai dasar Negara, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai sistem filsafat dan dasar  nilai pengembangan ilmu, Makna dan aktualisasi nilai-nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta Pancasila dalam sistem ekonomi.